Noah Band, armada baru Ariel setelah Peterpan

Lagu Separuh Aku kini mulai menggaung di beberapa tempat. Beberapa website juga menyajikan streaming lagu ini. Banyak link download mulai tersaji. Bahkan video klip dari lagu ini telah dilihat jutaan pemirsa Youtube hanya dalam beberapa hari. Selain itu, rekan-rekan penulis juga mulai sering mendendangkan lagu ini berkali-kali. Inilah single terbaru dari group Band Noah. "Mainan" baru Ariel dan kawan-kawan.



Siapa yang tidak kenal Ariel? Begitu pula Lukman, Uki, Reza dan David. Mereka adalah punggawa Peterpan. Kurang lengkap rasanya jika tidak membahas format band mereka sebelum Noah dipublikasikan. Peterpan, salah satu Band populer di industri musik tanah air. Dalam format Peterpan, puluhan lagu hits telah mereka luncurkan selama kurang lebih 12 tahun sejak mulai diresmikan pada tahun 2000 silam. Mimpi yang Sempurna, Topeng, Menghapus Jejakmu dan Tak Ada yang Abadi adalah sebagian dari karya mereka yang populer.

Logo Peterpan

Sejak awal mulai dikenal, Peterpan telah menggebrak industri musik dalam negeri melalui alunan musik yang apik. Banyak yang mengatakan bahwa lirik yang puitis dan aransemen yang apik adalah kunci kesuksesan Peterpan. Selain itu, karisma para personel utamanya sang vokalis Ariel memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Namun terlepas dari musik mereka, tidak banyak yang mengetahui bahwa Peterpan tidak memiliki logo yang unik. Sebagian besar grup band biasanya berlomba untuk menampilkan identitas mereka dalam bentuk huruf, gambar dan lambang yang unik dan berciri khas. Lihat saja grup band Slank yang tampil cantik dengan si kupu-kupu, Kotak dengan square-box warna merahnya, kemudian Ungu dengan huruf G yang unik. Para penikmat musik, para fans akan identik dengan logo grup band idaman mereka. Tidak demikian dengan Peterpan. Peterpan cukup tampil dengan logo, bisa dibilang hanya huruf sederhana (logotype) tanpa embel-embel simbol, modifikasi huruf dan lain sebagainya. Logo ini, menurut pengamatan penulis menggunakan huruf helvetica bold, mirip dengan huruf Arial Black. Pada saat peluncuran album Taman Langit. Logotype Peterpan berwarna putih. Kemudian diberikan gradient biru tua ke biru muda pada album Bintang di Surga.

Logo Peterpan berwarna Putih di album Taman Langit

Logo Peterpan gradient biru di album Bintang Di Surga

Logo Peralihan dari Peterpan ke Noah

Sebelum secara resmi Noah diperkenalkan ke publik. Selama masa vakum Peterpan karena Ariel terkena kasus pornografi dan harus mendekam beberapa lama di balik jeruji. Manajemen beserta Ariel, Lukman, Uki, Reza dan juga David telah melakukan branding dan kampanye sebelum peralihan ke band Noah terjadi.  Kali ini mereka paham bahwa mereka memerlukan sebuah simbol, lambang atau logomark yang bisa dengan mudah diingat oleh publik maupun penggemar mereka.
“Dari awal waktu Peterpan pertama kali reformasi, kami sudah memperkirakan nama itu pasti suatu saat akan diganti. Langkah pertama, kami pikir perlu logo. Bagaimana meski nama itu hilang, orang masih familiar dengan logonya,” kata Ariel.

Logo Peterpan di masa peralihan

Menurut Ariel, saat peluncuran nama baru band-nya di kantor Musica, kawasan Pancoran, Kamis 2 Agustus 2012 malam, bulu itu sengaja tetap digunakan karena telah menjadi trademark mereka. “Ikon itu sudah bersusah payah kami bangun,” katanya.

Nama Peterpan memang pernah menjadi ‘sengketa’ karena Andhika, mantan keyboardis band itu keluar. Ia menyebut Peterpan sebagai idenya.
Di album “Suara Lain” yang dikeluarkan saat Ariel masih di Rutan Kebonwaru, Bandung, nama Peterpan tak lagi dipakai. Hanya ada logo bulu, dan nama-nama personelnya. Namun, para penggemar tak pernah lupa, bahwa bulu identik dengan grup band yang digawangi Ariel, Lukman, Uki, David, dan Reza itu.
“Waktu pakai logo bulu, itu ternyata bisa bertahan. Sekarang dipakai lagi di nama baru supaya orang masih kenal. Ukurannya lebih kecil, karena kami menonjolkan nama barunya,” kata Ariel.

logo noah band
Logo Noah Band

Siapa yang mendesain logomark Bulu pada Logo Noah?

Penulis mencoba mengusut hal yang satu ini. Dari setiap logo yang diposting di blog ini, seperti halnya post Google Doodle HUT Indonesia ke 67, penulis senantiasa berusaha menyajikan apa dan siapa di balik logo yang penulis bedah. Untuk gambar bulu seperti yang tercantum pada logo lama Peterpan dan logo Noah, penulis telah melayangkan pertanyaan serta beberapa tweet ke official Noah dan juga bertanya pada mbah Google. Namun sampai dengan ini dipublish, penulis belum mendapatkan jawaban yang memuaskan. Meskipun begitu, penulis tidak akan menyerah dan akan menyajikan update di kemudian hari saat kepastian penulis dapatkan. Menurut pengamatan penulis, Ariel merupakan orang yang jago dalam bidang seni, baik itu seni musik, sketsa dan juga ukir. Beberapa kali saat tayangan di televisi terkait kegiatan Ariel di balik jeruji, terdapat beberapa sketsa serta storyboard yang dibuat oleh Ariel. Nah, dari sini dapat penulis simpulkan bahwa sketsa awal logo ini dibuat oleh Ariel yang kemudian disempurnakan oleh tim grafis di manajemen Noah.

Cerita dibalik nama Noah

Nama Noah sebagai pengganti nama Peterpan sebenarnya sudah ada sejak 2010. Namun, baru pada 2 Agustus 2012, band ini mengumumkan nama baru mereka, yaitu Noah. Nama Noah sendiri diketahui berasal dari nama Nabi Nuh. Nama tersebut juga berarti membuat orang nyaman dan damai. Mungkin karena mirip dengan perasaan saat menyebut kata Teduh, yang juga berarti nyaman dan damai. Tidak hanya nama bandnya berganti, nama sebutan penggemar mereka juga berganti nama dengan menghilangkan embel-embel Peterpan menjadi Sahabat Noah.

Kata Noah, dalam dunia merk, brand, identity dan juga produk sebenarnya sudah jamak digunakan. Namun untuk nama Band, sepertinya baru kali ini digunakan. Itulah sebabnya manajemen dengan segera akan mengurus pendaftaran paten logo dan nama ini sehingga tidak terulang lagi kasus yang sama di masa Peterpan. 

Karena penggunaan nama Noah telah banyak, ada baiknya penulis menyisipkan sedikit merk/logo lain yang juga menggunakan nama yang sama.

Logo Lain yang Menggunakan Nama Noah

a. Noah Development - sebuah perusahaan pengembang daerah pesisir. Yang fokus pada pengembangan perumahan wilayah pesisir. Konsep logo, pemilihan huruf dan warna mencerminkan apa yang mereka kerjakan. Logo ini didesain oleh mikeleachcreative.

logo noah development
Logo Noah - Development wilayah Pesisir


b. Noah Ark - bike - toko penjual sepeda gunung dan papan seluncur salju yang berlokasi di Inggris. logo dan website Noah Ark dibuat oleh Damian Kidd.

logo noah ark
Logo Noah Ark - Toko Sepeda Gunung

c. Noah Enterprise - organisasi charity - sebuah lembaga amal yang berbasis di Luton, London. Lembaga ini berfokus pada upaya untuk membantu mereka yang kekurangan. Termasuk di antaranya adalah para tuna wisma.

Logo Noah Enterprise - Lembaga Amal

d. Noah's Ark - pet - jasa pemeliharaan binatang. philipina
Logo Noah's Ark - Jasa Pemeliharaan Binatang

e. Noah House - merupakan perusahaan penyedia jasa perawatan, logo ini didesain oleh Hurrel, Gavin, Williams dan Rebbeca dari turner Duckworth.




Jika pembaca memiliki nama Noah sebagai merk, kira-kira bentuk logonya seperti apa? Untuk logo Noah yang digunakan oleh Ariel, setelah usut punya usut inspirasinya bisa jadi dari ini? :p

Logo Bulu Noah inspirasi dari bentuk pete

Sekian bedah edisi kali ini. Sampai ketemu di bedah logo band lainnya. Cao.

POSTED BY
DISCUSSION 2 Comments

2 Responses to : Noah Band, armada baru Ariel setelah Peterpan

  1. Lambang NOAH bukan petai atau pete tetapi Bulu ayam yang tertancap pada Topi Peter pan ( Film Kartu AS) dan lambang PETAI YANG BERBENTUK BULU AYAM HANYA SEBUAH FENOMENA .

  2. Nice blog gan..
    salam knal, mampir k blog sya :)
    http://bitebrands.blogspot.com/2013/01/logo-baru-noah.html

Leave a Reply

Recommended Post Slide Out For Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...