Logo dan Maskot PON RIAU 2012 menuai kritik

Salam Olahraga!!!


Pesta Pekan Olahraga Nasional ke 18 tahun 2012 akhirnya dimulai di Riau. Meskipun banyak isu dan berita yang mengalir di masyarakat serta media mengenai kesiapan Riau dalam menyelenggarakan acara ini. Namun, pesta pembukaan tetap berlangsung dengan meriah. Dalam setiap perhelatan olahraga, tentu saja ada banyak cerita menarik di baliknya. Mulai dari venue, atlet, official team, pesta pembukaan dan penutupan dan tentu saja logo serta maskotnya.

Kali ini penulis ingin berbagi cerita mengenai Logo dan Maskot PON Riau 2012. Ada banyak informasi, saran, komentar yang kurang baik mengenai logo dan maskot ini. Selain karena bentuk dan desainnya yang terkesan "kurang digarap serius" pun juga sosialisasi sayembara yang kurang mengena, bahkan tidak terdengar ke publik. Beberapa rekan penulis di suatu forum bahkan menunjukkan kekesalannya dengan membuat ulang karakter maskot yang digunakan.


Video Pembukaan PON VIII 2012 Riau


Logo PON RIAU 2012



Arti Logo

Layar dan Gelombang

Melambangkan lambang daerah "Lancang Kuning" yang mempunyai makna:


  • Daerah  Riau  dialiri  oleh  empat sungai besar yaitu: Sungai Kampar, Sungai Rokan, Sungai Indragiri dan Sungai Siak, dimana keempat sungai tersebut merupakan sumber kehidupan yang merupakan kebesaran rakyat Riau
  • Lancang memberikan simbol bahwa kehidupan penuh dengan semangat yang berpacu menuju prestasi.
  • Gelombang laut melambangkan kedinamisan masyarakat Riau bergerak terus menerus tanpa berhenti menghantarkan kemajuan negeri.
  • Warna  merah,  kuning  dan  hijau melambangkan bahwa Riau mempunyai budaya yang tinggi.

Lingkaran  Berkait

Melambangkan  semangat sportifitas yang tinggi dalam persaudaraan menuju prestasi PON.

Huruf dan Angka 

Menunjukkan  penyelenggaraan  PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau.



Arti Maskot


Nama Maskot 

"Bujang Serindit"

Wujud Keseluruhan Maskot 

Terinspirasi dari bentuk burung Serindit yang juga sudah dijadikan simbol fauna khas Riau yang melambangkan semangat, enerjik dan kontinuitas gerakan mengejar prestasi bersumber dari rasa keinginan individual untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi kelompok, daerah dan prestasi nasional secara umum.

Huruf dan Angka 

Menunjukkan kegiatan PON yang ke XVIII Tahun 2012 diadakan di Provinsi Riau.

Obor dengan Api yang Berkobar Menyala 

Sebagai gambaran yang lebih menjurus pada rasa semangat yang menyala-nyala, tak kunjung padam dalam lingkaran makna esensial dunia keolahragaan.

Busana Melayu yang dikenakan Burung Serindit 

Simbol lokalitas budaya Riau dengan penduduknya yang berbudaya Melayu dengan penonjolan ciri khas pada busana Melayu.

Selempang  Dada dengan Tulisan Pekan Olahraga Nasional XVIII 

Pertanda simbol kebesaran sebagai ajang prestisius dalam bidang olahraga yang mengedepankan rasa sportifitas.

Tapak (Post Stage) melingkar dengan tulisan Riau 2012

Pertanda tempat dan tahun penyelenggaraan.

KONTROVERSI LOGO & MASKOT

Beberapa rekan penulis yang bergerak di bidang desain grafis, pembuat maskot, dan desainer identitas, termasuk branding memberikan penilaian kurang terhadap desain logo dan maskot PON tahun 2012 ini. Salah satu banyak memberikan kritikan di komposisi warna serta pemilihan huruf. Lainnya, mengutarakan ketidakpuasan mereka melihat pembuatan/penyajian maskot yang sangat jauh dari kesan seni. 


Logo PON Riau menuai kritik

Gambar di sebelah kiri adalah logo PON 2012 sebelum disempurnakan. Bagaimana menurut pembaca? Desain ini adalah desain awal sebelum logo yang beredar sekarang. Menurut penulis penggunaan warna sedikit berantakan dan komposisinya kurang menarik. Warna kuning (sedikit agak hijau muda) di atas dasar berwarna putih. Untuk medium elektronik, kemungkinan masih tampak, tetapi jika dipindahkan ke media fisik contohnya kaos/polo shirt, tulisan PON XVIII bisa jadi tidak terlihat sama sekali. Selain itu pemilihan fontface terlalu dangkal. Kalau dilihat sekilas, huruf di atas menggunakan font arial yang sudah berlaku generic. 

Coba bandingkan logo ini dengan logo PON tahun-tahun sebelumnya.




Untuk logo PON periode sebelumnya sangat menarik bukan? Meskipun untuk PON VIII terlihat seperti intronya James Bond 007, namun setidaknya kreatifitas dan komposisinya bagus. Dan untuk PON Kaltim 2008, salah satu logo yang menurut penulis digarap dengan lebih serius dibandingkan dengan logo PON tahun 2012.

Bagaimana dengan maskotnya?

Konsep maskot yang ingin ditonjolkan mungkin menarik, namun eksekusi gambarnya sangatlah jauh dari harapan, outline, sudut dan permainan warna yang buruk membuat maskot ini seperti coretan anak-anak SD yang baru belajar menggunakan pensil warna.

Hasil karya rekan penulis di kaskus berikut rasanya jauh lebih baik dibandingkan dengan 2 gambar maskot di atas. Tentu saja dengan dasar konsep yang sama yaitu Burung Serindit dan pakaian khas melayu ala Riau.

Bagaimana pembaca? Apa pembaca memiliki ide yang lebih baik dari ini?

Siapa yang membuat logo PON dan Maskot PON Riau 2012?

Pembuatan LOGO dan Maskot PON 2012 diadakan melalui Sayembara pada tahun 2006 silam. Dan pemenang sayembara logo PON XVIII ternyata tak jauh dari lingkaran panitia, terbukti juara satunya adalah Kabiro Humas dan Pemprov Riau Tengku Khalil Jaafar. Namun panitia memastikan penilaian obyektif.

Panitia sayembara logo dan maskot PON XVIII Pemprov Riau mengumumkan hasil sayembara, Selasa (11/4/2006). Pengumuman dilakukan di ruang rapat Gubernur Riau M Rusli Zainal. Penyampaiannya langsung dilakukan gubernur didampingi Setdaprov Riau Raja Mambang Mit selaku ketua tim pemenangan perjuangan Riau sebagai tuan rumah PON XVIII tahun 2012.

Ternyata pemenang sayembara ada juga yang berasal dari lingkaran dalam panitia, yakni Kabiro Humas dan Pemerintaha Setdaprov Riau Tengku Khalil Jafaar. Di panitia perjuangan Riau sebagai tuan rumah PON Tengku Khalil duduk sebagai ketua salah satu bidang. Meski demikian, Raja Mambang Mit menegaskan kalau hasil penilaian dewan obyektif.

Dewan juri adalah Tennas Efendi sebagai ketua dan Ok Nizam Jamil dan Amun Salmon sebagai anggota. 
"Jadi saya pastikan memangnya Pak Tengku tak ada kaitannya dengan masalah lain, selain obyektifitas penilaian juri,"ujar Mambang Mit.
Secara berturut-turut pemenangnya adalah Tengku Khalil Jaafar sebagai pemenang I sayembara logo, Amsan pemenang II dan Aswan pemenang III. Sementara untuk maskot pemenang I diaraih Dance S.Muis, pemenang II Jasirwan dan pemenang III Widiarto.

Kepada para pemenang akan diberi hadiah, masing Rp 10 juta untuk juara I, Rp 5 juta untuk pemenang II dan Rp 2.5 juta untuk pemenang III.

Peserta sayembara untuk logo sebanyak 97 orang dengan karya sebanyak 144 buah. Sedang untuk maskot peserta 64 orang dengan karya 89 buah


POSTED BY
DISCUSSION 1 Comment

One Response to : Logo dan Maskot PON RIAU 2012 menuai kritik

  1. Unknown says:

    coba cek www.maximascotindonesia.com :) (Y)

Leave a Reply