Google Doodle HUT Indonesia ke 67, ayo kita bedah!

Merdeka!!!

Hari kemerdekaan terasa semakin semarak jika kita mampu mewujudkannya dalam tindakan. Salah satu hal yang paling menyenangkan yang masih bisa kita nikmati hingga saat ini adalah adanya beraneka lomba dan kompetisi yang dilakukan mulai dari tingkat RT, dusun hingga ke tingkat Propinsi. Bolehlah dibilang kegiatan ini hampir rutin diadakan. Mulai dari lomba panjat pinang, makan kerupuk (kerupuk ini sepertinya sudah wajib hukumnya), makan buah setan, masukkan paku ke dalam botol dan masih banyak lagi hal lainnya.

Tahun ini, selain semarak perlombaan, ternyata di dunia maya juga dibuat semakin semarak. Ya. Google turut memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-67 melalui tampilan Homepage nya. Seperti apa? Mari kita bedah pelan-pelan.

Google Doodle HUT RI

Baiklah, berikut saya tunjukkan screenshot homepage Google yang sempat saya abadikan pada tanggal 17 Agustus 2012 kemarin. 
Google Doodle HUT RI ke 67
Menarik bukan? Yup. Doodle kali ini menampilkan logo Google dengan berbagai ornamen lomba yang sering diadakan oleh masyarakat Indonesia dalam memperingati HUT Kemerdekaan. Lihat saja lebih dekat, ada kerupuk dan buah yang digantung (sering disebut buah setan karena biasanya diolesi dengan oli yang diisi uang logam) serta beberapa anak yang sedang balap lari karung. Doodle ini dibuat sedemikian rupa oleh tim kreatif Google sehingga tampak meriah dengan warna-warna cerah khas Google. Menyenangkan sekali. Betapa Doodle ini begitu ceria dan menghibur, namun tidak mengurangi arti akan turut sertanya Google dalam merayakan HUT RI tahun ini.

Darimana idenya?

Haha, sepertinya sangat sederhana. Tim Google melihat tradisi masyarakat kita di saat merayakan tujuh belasan. Saat melihat Doodle ini saya langsung ingat dengan masa kecil saya sendiri. Hampir semua perlombaan pernah saya ikuti. Nah, lihat saja gambar berikut ini. Dan cocokkanlah dengan apa yang tertera dari Doodle Google di atas.

Lomba Lari Karung

Lomba mengambil koin dari buah

Lomba Makan Kerupuk

Bagaimana? Merasa bernostalgia?
Setelah melihat Doodle dan sumber inspirasinya, sejenak ada baiknya kita bedah sedikit mengenai Doodle itu sendiri. Setuju? Haha. lanjut....

Apaan sih Google Doodle itu?

Mungkin banyak yang masih belum mengenal Google Doodle. Doodle, menurut hemat saya adalah modifikasi dari logo Google. Bisa juga dianggap sebagai varian dari Logo Google. Yang jelas tidak meninggalkan kaidah, ciri khas asli dari logo induknya. Doodle ini dibuat sebagai "penyegaran" bentuk dari logo. Dan juga, untuk menghormati, menghargai dan mengenang suatu peristiwa yang terjadi, yang mana sesuai dengan budaya Google itu sendiri.

Masih ingat logo MTV? Nah, Logo MTV ini juga sering dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk, animasi dan warna yang bahkan terkadang cenderung aneh jika dilihat dari kacamata desain. Tapi di situlah letak dari flexibel logo ini. Sama halnya dengan Doodle-nya si Google.

Siapa yang membuat Doodle?

Pada awal mulanya, Doodle dibuat secara tidak sengaja oleh pendiri Google. Mereka menambahkan beberapa coretan pada logo utama, yang mengisyaratkan bahwa mereka sedang berada di luar kantor. Saat itu sedang ada festival Burning Man.

Google Doodle yang pertama
Sejak saat itu, Google kemudian membentuk sebuah tim yang beranggotakan ilustrator serta para insiyur untuk menggarap Doodle ini secara rutin. Bahkan, para pengguna setia Google dari seluruh dunia pun bisa ikut berpartisipasi dengan mengusulkan peringatan, acara, atau hal lain yang ingin dibuatkan Doodlenya.

Nah, supaya rasa penasaran kita sedikit terjawab. Berikut ini tampang-tampang tim Doodle Google yang bisa penulis rangkum. Mereka memiliki nama beken yaitu Doodler.
Anggota Tim Doodlers

Sip lah, sekian bedah kali ini, nantikan bedah berikutnya yah. Silahkan komentarnya. :)
Sekali Merdeka tetap Merdeka.


POSTED BY
DISCUSSION 0 Comments

Leave a Reply