Logo Baru Microsoft, sebuah era baru raksasa software yang perlu kita bedah

"We’re excited about the new logo, but more importantly about this new era in which we’re reimagining how our products can help people and businesses throughout the world realize their full potential."
Jeff Hansen
General Manager, Brand Strategy, Microsoft




23 Agustus 2012. Merupakan momen yang tentu saja tidak bisa dilupakan oleh dunia teknologi dunia. Pada tanggal ini, Microsoft-sebuah raksasa software dunia melakukan peluncuran logo baru. Logo ini merupakan logo pengganti logo lama microsoft yang telah digunakan selama lebih kurang 25 tahun. Jeff Hansen, General Manager Brand Strategy Microsoft menyatakan pada blog resmi Microsoft bahwa mereka sangat bersemangat terhadap peluncuran logo baru Microsoft ini. Dan peristiwa ini menandai era baru raksasa software ini di kancah teknologi dunia. Microsoft yang selama ini dikenal banyak berkutat di industri software akan mulai berperang melalui hardware-hardware terbarunya. Dengan ini pula, secara tidak langsung Microsoft menyatakan siap perang dengan vendor-vendor lain seperti Apple, Samsung, HTC dan Google.


Sejarah Singkat Microsoft

Microsoft didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975. Seperti perusahaan start-up pada umumnya, yang berawal kecil namun penuh dengan visi yang besar. Tantangan mereka saat itu adalah semua produk komputer yang ada di kantor, di atas meja dan di rumah setiap orang di dunia. Untuk itulah mereka merubah cara mereka bekerja. Hingga pada tahun 1981 saat dimana munculnya MS-DOS pada mesin IBM. MS-DOS inilah yang merupakan cikal bakal produk paling populer Microsoft yaitu Microsoft Windows.
Paul Allen dan Bill Gates - Pendiri Microsoft

Logo Microsoft dari tahun ke tahun

Microsoft telah melakukan beberapa kali penggantian logo. Sejak 1985 hingga 2012, tercatat telah melakukan 5 kali penggantian logo. 

1. Logo pertama Microsoft (1975 - 1979)

Logo perdana Microsoft (1975 - 1979) 
Logo perdana terdiri dari dua baris teks, yakni teks Micro di baris pertama dan Soft di baris kedua. Ini mencerminkan representasi pemikiran Bill Gates dan Paul Allen yang memberi nama asli perusahaan "Micro-Soft" yang berarti "mikrokomputer" dan "software"
2. Logo kedua Microsoft (1980 - 1981)

Logo kedua Microsoft (1980 - 1981) 

Sudut dari beberapa huruf dibuat bergerigi dengan diagonal yang kuat. Menurut Jeff Hansen, logo ini mencerminkan budaya komputer dan video game pada masa itu.

3. Logo ketiga Microsoft (1982 - 1986)

Logo ketiga Microsoft (1982 - 1986) 
Ini adalah logo bergaya kertas surat bergaris yang ditempatkan pada huruf "O" yang pertama. Huruf "O" menghubungkan kata Micro dan Soft. Logo ini juga disebut sebagai gaya Blibbet. Pada masa itu, kantin di kantor Microsoft terinspirasi untuk menjual burger istimewa yang diberi nama Blibbet.

4. Logo keempat Microsoft (1987 - 2012)

Logo keempat Microsoft (1987 - 2012) 
Inilah logo Microsoft yang paling dikenal, karena ia dipertahankan hingga 25 tahun. Logo legendaris ini menggunakan jenis huruf Helvetica bergaya tebal dan miring. Dibandingkan dengan logo sebelumnya, logo ini terkesan paling solid dan stabil.

Jika dilihat lebih jauh terdapat potongan kecil pada huruf "O" yang pertama, yang seperti menghubungkan kata Micro dan Soft. Kemudian pada bagian akhir, huruf "F" dan "T" dihubungkan oleh garis horizontal.

5. Logo kelima Microsoft (2012 sampai sekarang)

Logo kelima Microsoft (2012 sampai sekarang) 
Inilah logo yang diluncurkan pada 23 Agustus 2012. Ini adalah logo pertama Microsoft yang terdiri dari dua komponen, yakni huruf cetak dan simbol. Hurufnya menggunakan jenis font Segoe, yang secara generic akan terus digunakan pada produk-produk Microsoft maupun strategi pemasaran.

Dari Logo ke 4 dan ke 5, Microsoft hanya mempertahankan sisi design belakang, yakni huruf "F" dan "T" pada logo yang masih terhubung oleh garis horizontal.

Komponen Logo Microsoft Baru

Seperti yang telah diutarakan di atas, bahwa logo terbaru Microsoft merupakan logo perdana yang menggunakan 2 komponen, yaitu simbol dan huruf.

Logo terdiri dari Simbol dan Huruf

Simbol pada logo baru nampak terinspirasi dari sistem operasi Windows, yang merupakan produk unggulan Microsoft. Simbol Windows (jendela) terdiri dari empat kotak berwarna merah, hijau, biru dan kuning. Menurut Hansen, simbol ini hendak mengungkapkan beragam portofolio produk Microsoft.

Dari sisi huruf, Microsoft secara konsisten menggunakan huruf Segoe. Huruf ini merupakan huruf yang akan berlaku jamak pada semua produk, entitas, dan promosi marketing Microsoft.

Penggunaan Logo Microsoft Baru

Microsoft telah menggunakan logo baru ini di beberapa produk seperti Microsoft Windows 8 dan di beberapa varian mobile software. Selain itu, Microsoft juga telah menampilkan logo barunya ini di pembukaan toko di Boston serta telah diaplikasikan di website yang sempat penulis kunjungi.

Pengguntingan pita pada pembukaan Toko Microsoft di Boston.
Tampak Logo Microsoft baru telah terpampang manis di depan toko, serta di kalung id yang digunakan karyawan Microsoft

Website Microsoft yang telah menggunakan tampilan Logo Baru
Sekian informasi bedah Microsoft, tunggu bedah logo produk-produk Microsoft di kesempatan berikutnya. Salam.

POSTED BY
DISCUSSION 0 Comments

Leave a Reply